Rabu, 20 Maret 2013


SOCIAL LEARNING PROCESS

  •   Awalnya software tersebar,tidak diketahui, dan tidak lengkap.
  •   Untuk mengubah pengetahuan ke software butuh dialog, antara user dan designer, dan designer pada toolsnya.
  • Pengembangan software merupakan proses pembelajaran sosial yang berulang-ulang.

PROSES MODEL

  • Sebuah kumpulan tahapan yang sudah bisa diprediksi yang akan membantu membuat hasil yang berkualitas tinggi dan tepat waktu.
  • Melibatkan software engineering(yang membuat), manager(yang mengikuti), client(yang membutuhkan).
  • Proses model berguna untuk kestabilan, mengontrol, mengorganize kegiatan-kegiatan yang bila ditinggalkan akan kacau.
  • Produk kerja dari proses model, yaitu: produk, dokumen, dan data.
  • Langkah-langkahnya sendiri tergantung dengan software apa yang akan kita buat.
  • Sejumlah mekanisme penilaian proses perangkat lunak yang memungkinkan kita menentukan kematangan proses software tersebut digunakan untuk jaminan bahwa yang kita buat benar.

DEFINISI SOFTWARE PROSES

  • Perangkat kerja untuk aktivitas-aktivitas, tugas-tugas, aksi-aksi yang dibutuhkan untuk membuat software yang berkualitas.
  •   Tidak sama dengan Software Engineering. Software Proses meliputi teknologi yang mengisi proses.

PROCESS FLOW

  • Linier Process Flow                : Mengeksekusi lima aktivitas secara berurutan. Bila aktivitas sebelumnya belum selesai tidak bisa dilanjutkan ke aktivitas selanjutnya.

  • Iterative Process Flow           : Mengulang satu atau lebih proses atau aktivitas sebelum melanjutkan ke aktivitas selanjutnya.

  •   Evolutionary Process Flow   : Mengeksekusi aktivitas secara melingkar dan setiap sirkuit dia mengeksekusi ke arah versi yang lebih lengkap(melengkapi).

  • Parallel Process Flow           : Mengeksekusi satu atau lebih aktivitas paralel dengan yang lain (melakukan dua atau lebih aktivitas yang berbeda pada saat yang sama).


Identifying a Task Set

  • Buat list atau daftar tugas yang akan dicapai.
  • Buat list atau daftar produk kerja yang akan dihasilkan.
  • Buat list atau daftar untuk menyaring jaminan kualitas yang akan dijalankan.

Task Set for Requirements Gathering Actions for a Simple Present

  •  Buat daftar stakeholders untuk project.
  • Ajak semua stakeholders dalam pertemuan informal.
  • Tanyakan ke semua stakeholders untuk membuat list fitur-fitur atau fungsi-fungsi yang dibutuhkan.
  • Mendiskusikan apa yang dibutuhkan dan  membuat list final.
  •  Memprioritaskan kebutuhan.
  • Membuat catatan-catatan untuk hal-hal di luar area (tidak terduga).

POLA PROSES

  • Menjelaskan masalah yang terkait dengan proses yang ditemui selama bekerja.
  •  Mengidentifikasi lingkungan dimana masalah telah dihadapi dan  menunjukkan satu atau lebih bukti solusi masalah.

MACAM-MACAM POLA

  •   Stage Patterns       : Mendefinisikan sebuah masalah yang dihubungkan dengan aktivitas framework untuk proses. Terdiri dari Multiple Task Patterns.
  • Task Patterns         : Mendefinisikan masalah yang berhubungan dengan software engineering action.
  • Phase Patterns       : Mendefinisikan urutan dari aktivitas framework.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar