SOCIAL LEARNING PROCESS
- Awalnya software tersebar,tidak diketahui, dan tidak lengkap.
- Untuk mengubah pengetahuan ke software butuh dialog, antara user dan designer, dan designer pada toolsnya.
- Pengembangan software merupakan proses pembelajaran sosial yang berulang-ulang.
PROSES MODEL
- Sebuah kumpulan tahapan yang sudah bisa diprediksi yang akan membantu membuat hasil yang berkualitas tinggi dan tepat waktu.
- Melibatkan software engineering(yang membuat), manager(yang mengikuti), client(yang membutuhkan).
- Proses model berguna untuk kestabilan, mengontrol, mengorganize kegiatan-kegiatan yang bila ditinggalkan akan kacau.
- Produk kerja dari proses model, yaitu: produk, dokumen, dan data.
- Langkah-langkahnya sendiri tergantung dengan software apa yang akan kita buat.
- Sejumlah mekanisme penilaian proses perangkat lunak yang memungkinkan kita menentukan kematangan proses software tersebut digunakan untuk jaminan bahwa yang kita buat benar.
DEFINISI SOFTWARE PROSES
- Perangkat kerja untuk aktivitas-aktivitas, tugas-tugas, aksi-aksi yang dibutuhkan untuk membuat software yang berkualitas.
- Tidak sama dengan Software Engineering. Software Proses meliputi teknologi yang mengisi proses.
PROCESS FLOW
- Linier Process Flow : Mengeksekusi lima aktivitas secara berurutan. Bila aktivitas sebelumnya belum selesai tidak bisa dilanjutkan ke aktivitas selanjutnya.
- Iterative Process Flow : Mengulang satu atau lebih proses atau aktivitas sebelum melanjutkan ke aktivitas selanjutnya.
- Evolutionary Process Flow : Mengeksekusi aktivitas secara melingkar dan setiap sirkuit dia mengeksekusi ke arah versi yang lebih lengkap(melengkapi).
- Parallel Process Flow : Mengeksekusi satu atau lebih aktivitas paralel dengan yang lain (melakukan dua atau lebih aktivitas yang berbeda pada saat yang sama).
Identifying a Task Set
- Buat list atau daftar tugas yang akan dicapai.
- Buat list atau daftar produk kerja yang akan dihasilkan.
- Buat list atau daftar untuk menyaring jaminan kualitas yang akan dijalankan.
Task Set for Requirements Gathering Actions for a
Simple Present
- Buat daftar stakeholders untuk project.
- Ajak semua stakeholders dalam pertemuan informal.
- Tanyakan ke semua stakeholders untuk membuat list fitur-fitur atau fungsi-fungsi yang dibutuhkan.
- Mendiskusikan apa yang dibutuhkan dan membuat list final.
- Memprioritaskan kebutuhan.
- Membuat catatan-catatan untuk hal-hal di luar area (tidak terduga).
POLA PROSES
- Menjelaskan masalah yang terkait dengan proses yang ditemui selama bekerja.
- Mengidentifikasi lingkungan dimana masalah telah dihadapi dan menunjukkan satu atau lebih bukti solusi masalah.
MACAM-MACAM POLA
- Stage Patterns : Mendefinisikan sebuah masalah yang dihubungkan dengan aktivitas framework untuk proses. Terdiri dari Multiple Task Patterns.
- Task Patterns : Mendefinisikan masalah yang berhubungan dengan software engineering action.
- Phase Patterns : Mendefinisikan urutan dari aktivitas framework.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar